Wakil Bupati Resmikan Agro Puwomartani

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa, SE secara resmi meresmikan Agro Purwomartani dan dilanjutkan panen raya padi organik yang dikembangkan oleh Bioteknologi KMTI ( Komunitas Mandiri Tani Indonesia ) di Padukuhan Karanglo Kalurahan Purwomartani Kalasan Rabu, 9 Juni 2021. Dalam sambutannya Danang Maharsa mengharapkan agar penggunaan pupuk non kimia atau organik dapat dikembangkan dan dapat berbagi ilmu untuk semua petani Sleman pada khususnya untuk memperoleh hasil yang maksimal serta untuk meningkatkan perekonomian petani Sleman. 

Dengan seringnya kelangkaan pupuk kimia dipasaran sedikit banyak mempengaruhi produktifitas pertanian maka dari itu dikembangkan pupuk organik melalui Bioteknologi agar bila terjadi kelangkaan pupuk tidak berpengaruh ke petani. Sektor pertanian salah satu sektor yang tidak berpengaruh dimasa pandemi covid 19 ucap Wakil Bupati Sleman.

Pengurus KMTI  ( Komunitas Mandiri Tani Indonesia )  Sleman,  Kasiat menjelaskan kesuburan tanaman dipengaruhi oleh material pupuk mikrobia yang terkandung, maka dari itu  dikembangkan pupuk organik yang dapat mengembalikan unsur hara didalam tanah dan tidak merusak mikroba di dalam tanah. Keunggulan pupuk yang dikembangkan oleh Kasiat mengembalikan kesuburan tanah dan mengembalikan unsur Ph atau keasaman tanah serta dapat mengendalikan hama. Dibuktikan hasil panen padi hari ini. Purwomartani akan dijadikan sentral pelatihan pertanian bakteria.

Gusti Purbodiningrat yang juga anggota DPRD DIY Dapil Bantul sangat mengapresiasi pengembangan Agro Purwomartani yang di inisiasi oleh KMTI. Program Pemda DIY yang dapat diusulkan untuk pengembangan pertanian berupa Lumbung Mataraman yang dapat meningkatkan hasil perekonomian warga sekitar. hadir dalam acara ini Panewu Kalasan, Lurah Purwomartani, anggota KMTI dan perangkat Kalurahan  Purwomartani.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*