Dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke – 74 kecamatan kalasan, Rabu, 14 Agustus 2019 menggelar lomba gerak jalan dan karnaval budaya di Lapangan Raden Ronggo. Acara ini di ikuti oleh siswa siswi dari tingkat SD, SMP, SMA / K , Instansi dan Umum.

Acara ini langsung dibuka oleh wakil bupati sleman, Dra. Sri Muslimatun dalam sambutannya wakil bupati sleman sangat terkesan dengan kegiatan ini. pada kesempatan ini pula wakil bupati sleman melepas peserta gerak jalan didampingi Camat Kalasan, Kapolsek, Danramil dan Ketua Panitia. Kegiatan  dimaksudkan untuk menanamkan rasa cinta tanah air dan memeriahkan HUT RI ke 74. 

Peserta dari Tingkat SD Putra diikuti oleh 22 regu, Putri diikuti oleh 25 regu. Untuk tingkat SMP Putri diikuti oleh 8 regu, Putra 8 regu. Untuk tingkat SMA / SMK diikuti 8 regu. Dan Tingkat Instansi dan Umum diikuti 22 regu se Kecamatan Kalasan.

Peserta Karnaval budaya dibagi dua kategori umum dan instansi. untuk kategori umum diikuti 6 regu dan kategori instansi diikuti oleh 13 regu.

Peserta yang berhasil mendapatkan juara akan diundang dalam upacara HUT RI ke 74 dilapangan raden ronggo untuk menerima hadiah.