TP PKK Kecamatan Kalasan Gelar Pertemuan Rutin Bulan April

Tim Penggerak PKK Kecamatan Kalasan mengadakan pertemuan rutin bulan April pada Rabu (11/04) bertempat di Aula Kecamatan Kalasan Lantai 2. Acara ini dihadiri oleh Tim Penggerak PKK Desa se Kecamatan Kalasan, Puskesmas dan KUA. Acara diawali dengan menyanyikan Lagu Mars Sleman Sembada dan Mars PKK dan dilanjutkan sambutan Ketua TP PKK Kalasan Ir. Rumingsih Ishadi Zayid.

IPeserta yang mayoritas ibu-ibu tampak antusias dalam mengikuti acara yang digelar rutin setiap bulan tersebut. Dalam acara tersebut juga diisi  materi dari berbagai  instansi. Salah satu materi yang disampaiakn pada pertemuan PKK kali ini ialah Pangruktiloyo Islam. Dalam pelatihan tersebut, peserta dilatih tentang tata cara pengurusan jenazah. Mulai dari mengenali dan memahami apa yang harus dilakukan ketika menjelang seseorang sakaratul maut, bagaimana memandikan jenazah yang benar, sampai dengan prosesi mengkafani jenazah. Dijelaskan pula hal-hal yang sebaiknya dihindari dan tidak diperbolehkan dalam pengurusan jenazah. Kegiatan dibimbing langsung dari KUA Kecamatan Kalasan.

Secara islami, pengurusan jenazah perempuan seharusnya juga dilakukan oleh perempuan dan mukhrimnya. Oleh karena itu, PKK Kecamatan Kalasan memandang penting bagi setiap dusun memiliki tim pangrukti loyo. Harapannya kegiatan pelatihan ini dapat ditindaklanjuti di masing-masing Dusun sehingga kegiatan pangrukti loyo semakin baik, diterapkan sesuai dengan aturan agama.

Diakhir kegiatan, peserta diminta untuk praktek mengkafani jenazah perempuan, setelah sebelumnya diberi penjelasan tentang jenis dan penggunakan kain kafan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


日本語が含まれない投稿は無視されますのでご注意ください。(スパム対策)