TP PKK Kecamatan Kalasan Berhasil Meraih Juara Pertama Lomba Masak Tingkat Kabupaten Sleman

Prestasi yang membanggakan kembali diraih oleh TP PKK Kecamatan Kalasan yang diwakili oleh Padukuhan Ngasem Desa Selomartani, berhasil meraih peringkat pertama dalam Lomba Masak Berbahan Dasar Labu Kuning Tingkat Kabupaten Sleman. Lomba ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Sleman yang ke-102, Kamis (3/5), di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman. Lomba tersebut diikuti oleh perwakilan PKK dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Sleman.

Ketua TP PKK Sleman, Hj. Kustini Sri Purnomo, mengatakan bahwa lomba tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas masyarakat dalam memanfaatkan buah Labu Kuning sebagai bahan dasar olahan kulinernya. Karena menurut Kustini buah Labu Kuning memiliki beberapa kelebihan. Sehingga dirasa perlu mencoba membuat berbagai jenis makanan yang berbahan dasar Labu Kuning.

Salah satu kelebihan dari buah lokal ini, kata Kustini, adalah mudah didapatkan di wilayah Kabupaten Sleman. Selain itu menurutnya Buah Labu syarat akan nutrisi yang baik bagi kesehatan.“Dan yang jelas harganya murah,” imbuhnya. Sementara itu, Bupati Sleman, Sri Purnomo berharap agar peserta lomba terus mengembangkan inovasi-inovasi olahan pangan, salah satunya buah Labu Kuning. Inovasi kuliner ini menurut Sri Purnomo dapat berpotensi meningkatkan derajat perekonomian masyarakat. Mengingat Kabupaten Sleman merupakan destinasi pariwisata yang selalu dikunjungi banyak wisatawan dari berbagai tempat.

Kalasan meraih juara dalam kategori olahan basah dengan nama olahan Klapertart Labu Kuning. Sedangkan untuk juara dua dan tiga masing-masing diraih oleh Kecamatan Mlati dengan olahan Talam Labu Kuning dan Kecamatan Ngaglik dengan olahan Puding Labu Kuning Ikan Mas.

Peserta lomba masak ini sebelumnya telah mengikuti lomba di tingkat Padukuhan. Kemudian pemenang di tingkat Padukuh mengikuti lomba lagi di tingkat Desa. Selanjutnya pemenang dari lomba tingkat Desa mengikuti lomba di tingkat Kecamatan. Juara satu dan dua dari lomba tingkat Kecamatan kemudian berhak mengikuti lomba masak berbahan Labu Kuning di tingkat Kabupaten.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


日本語が含まれない投稿は無視されますのでご注意ください。(スパム対策)