Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sleman bekerjasama dengan KPUD Kabupaten Sleman dan Kecamatan Kalasan mengadakan Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu 2019 pada Rabu (26/4) di Aula Kecamatan Kalasan Lantai 2.  Kegiatan ini dihadiri oleh KPU Kabupaten, Panwas Kabupaten, Camat Kalasan, Trantib, tokoh masyarakat, tokoh agama, karang taruna, Panwascam, dan Panwasdes.

Indra Darmawan, Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Ketahanan Nasional Badan Kesbangpol Kabupaten Sleman menyatakan bahwa Kesbangpol memfasilitasi sosialisasi ini agar dalam pelaksanaan pemilu nantinya dapat berjalan dengan lancar dan dapat mengantipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu acara ini juga merupakan sosialisasi UU Nomor 7 Tahun 2017 yang bertujuan memberikan informasi serta pemahaman kepada masyarakat sehingga penyelenggaraan pemilu bisa lebih baik dan lebih berkualitas. “Dengan sosialisasi ini diharapkan dapat menciptakan persamaan persepsi dalam sosialisasi Pemilu Tahun 2019 dan mengajak semua lapisan masyarakat se-Kobar berperan aktif dalam pelaksanaan Pemilu 2019,” ujar Indra di sela-sela kegiatan.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Ahmad Shidqi S.Th.I,M.Hum, Vici Herawati SP dari Panwaslu Kabupaten Sleman, dan Ishadi Zayid SH dari Kecamatan Kalasan. Terdapat tiga materi yang diberikan oleh narasumber. Pertama, materi tentang aspek kewilayahan Kecamatan Kalasan yang disampaikan oleh Ishadi Zayid SH. Kedua, materi mengenai perspektif hukum dalam tahapan Pemilu Tahun 2019. Ketiga, materi tentang pengawasan dalam pemilu. “Harapannya Pemilu 2019 bisa berjalan lebih baik dari tahun sebelumnya,” pungkasnya.