Serunya Kemeriahan Festival Dolanan Anak Kalasan

Kecamatan Kalasan menyelenggarakan Festival Dolanan Anak antar PAUD,TK dan SD se Kecamatan Kalasan di Halaman Kecamatan Kalasan, Rabu (2/5).

“Festival Dolanan Anak ini untuk menjaga eskistensi kesenian dolanan anak di tengah era globalisasi ini. Selain itu juga melalui festival ini masyarakat diajak untuk menumbukan rasa cinta terhadap kesenian dolanan anak,” kata Camat Kalasan Siti Anggraeni Susila Prapti .

Menurutnya, dengan memberikan ruang untuk berekspresi, diharapkan kepada seniman dan masyarakat pada umumnya untuk terus mengembangkan dan melestarikan seni khususnya terkait dengan dolanan anak.

“Selain sebagai saran bermain kemudian belajar dolanan anak merupakan langkah strategis untuk melestarikan kesenian daerah yang mulai pudar di era globalisasi,” katanya.

Menurut dia, anak-anak zaman sekarang lebih sering menghabiskan waktunya dengan gadget dibandingkan bermain permainan tradisonal, jika hal ini terus dibiarkan maka generasi akan datang tidak mengenal mengenal budayanya termasuk dolanan anak.

“Permainan tradisional tidak hanya sebuah permainan melainkan didalamnya terdapat nilai-nilai luhur yang akan terbawa dalam pola kehidupannya sehari-hari. Anak akan belajar nilai sportivitas, kerja sama, gotong royong, dan sebagainya dapat diperoleh dengan berbagai macam dolanan anak,” katanya. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 450 orang anak. .Jenis dolanan anak meliputi Gobag sodor, Gangsingan ,sunda manda,yeye,gundu,Bakiak,Tembang dolanan anak dan ular naga. Para pemenang selain mendapatkan tropi juga mendapatkan uang pembinaan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


日本語が含まれない投稿は無視されますのでご注意ください。(スパム対策)