Peringatan Hari Pramuka ke-57 dilaksanakan di Lapangan Bayen, Purwomartani Kecamatan Kalasan Selasa, 14 Agustus 2018 pukul 08.00 WIB. Camat Kalasan selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka hadir sebagai pembina upacara.

Mengambil tema “Pramuka Perekat NKRI”, Peringatan Hari Pramuka kali ini akan diikuti ratusan Pramuka dari wilayah Kalasan.  Melalui peringatan Hari Pramuka, Ketua Majelis Pembimbing Ranting Siti Anggraeni mengajak sekitar 150 peserta upacara untuk meningkatkan dedikasi dan kreativitas dalam mengabdi kepada negeri. Pasalnya, tantangan zaman semakin kompleks. Dibutuhkan cara-cara yang lebih kreatif mengajak generasi bangsa melakukan hal-hal positif. Dia juga mengajak Pramuka di seluruh Indonesia untuk mengunggah konten-konten positif seputar Hari Pramuka di media sosial dengan tagar #HariPramuka57 #PramukaPerekatNKRI #SetiapPramukaAdalahKantorBerita. Upaya ini dilakukan agar Pramuka terus punya kesadaran kolektif menjadikan internet samakin sehat.

“Ada banyak kegiatan yang diadakan di setiap sekolah dalam rangka Hari Pramuka. Untuk itu saya mengimbau kepada adik-adik Pramuka untuk mengabadikan kegiatan Hari Pramuka dengan membuat konten positif lalu sebarkan di media sosial,” ujar Kak Siti. Sebelumnya, peringatan Hari Pramuka ini juga diisi dukungan dari Pramuka untuk menyukseskan perhelatan Asian Games. Kak Siti berharap Pramuka di daerah ikut memberikan dukungan dan semangat agar Indonesia mampu tampil sebagai juara dan menjadi pelaksana tuan rumah terbaik dalam sejarah Asian Games. “Dukungan dari masyarakat seluruh Indonesia tentu akan membawa rasa optimisme kepada para atlet untuk meraih juara,” jelasnya.