Rakor persiapan pelatihan UMKM

Mengapa banyak produk UKM yang masih susah untuk bersaing? Jika kita menanyakan hal itu sebenarnya banyak kendala yang dihadapi oleh UKM. Salah satunya adalah minimnya informasi mengenai pentingnya kemasan terhadap pemasaran produk. Kenyatannya sebagian besar pelaku UKM masih menganggap sepele peran kemasan. Banyak di antara mereka yang tidak memperhatikan kemasan produknya, sehingga produk tidak memiliki nilai jual lebih di mata konsumen. Akibatnya, banyak produk UKM yang tidak laku di pasaran.

Hal ini diperparah dengan sedikitnya unit usaha yang melayani pembelian kemasan dalam partai kecil. Dengan begitu, pelaku UKM pun bingung harus kemana jika ingin kemasan produknya lebih menarik dan menjual. Selain itu, sangat sulit meyakinkan UKM bahwa kemasan yang baik dan kreatif bisa meningkatkan keuntungan. Maka dari itu,  kecamatan kalasan mengadakan pelatihan pengemasan produk yang akan diselenggarakan di Budi Mulia Culinary School. 

Selain pelatihan pengemasan produk diadakan pula pelatihan pembuatan produk olahan sirsat, kerajinan dan berbagai macam olahan keripik. Pelatihan ini diselenggarakan melalui usulan masyarakat yang diakomodir oleh kecamatan melalui dana PUPM.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


日本語が含まれない投稿は無視されますのでご注意ください。(スパム対策)