PMI Gelar Donor Darah

Kamis, 26 Agustus 2021 PMI Kapanewon Kalasan bekerjasama dengan PMI Kabupaten Sleman menggelar aksi donor darah di Pendopo Kantor Kapanewon Kalasan. Kegiatan ini rutin dilaksakan oleh PMI Kapanewon,  Aksi donor darah ini merupakan bentuk solidaritas sosial kepada sesama. Melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat serta membantu pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan.

Aksi donor darah ini mendapatkan apresiasi positif dari warga dan karyawan karyawati kapanewon kalasan.  Dalam acara ini, setidaknya lebih dari 47 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya dan yang lolos 42 orang. Jumlah ini melampaui jumlah pada saat dilakukan pendataan awal calon pendonor.  Setelah melalui tahap awal yaitu cek kesehatan oleh dokter yang bertugas, dengan sangat terpaksa ada beberapa pendaftar yang kecewa. Beberapa pendaftar gagal dan tidak dapat melanjutkan donor darah karena tidak memenuhi kriteria dan persyaratan secara medis. Penyebab gagalnya tersebut antara lain dikarenakan kadar hemoglobin (Hb) kurang, tekanan darah tinggi, mengkonsumsi antibiotik dalam kurun waktu satu minggu sebelum donor darah, dan baru melaksanakan vaksin.

Persyaratan dasar untuk ikut serta dalam kegiatan donor darah adalah pendonor berusia 17 hingga 70 tahun. Berat badan minimal adalah 45 kg dengan tekanan darah sistole di bawah 180 dan diastole di bawah 100, untuk orang dengan tekanan darah yang cenderung tinggi. Sementara, orang dengan tekanan darah rendah, tekanan darah sistole/diastole yang dianggap aman adalah 90/50. Pendonor juga sebaiknya memiliki kadar hemoglobin sekitar 12,5-17 g/dL, dan tidak lebih dari 20 g/dL.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*