Pembinaan Wawasan Kebangsaan dan Sinau Pancasila

Pemerintah Kecamatan Kalasan bekerjasama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik DIY mengadakan acara Pembinaan Wawasan Kebangsaan dan Sinau Pancasila pada Kamis (21/3) bertempat di Aula Lantai II Kecamatan Kalasan. Pembinaan wawasan kebangsaan dan sinau pancasila tersebut dibuka oleh Sekretaris Kecamatan kalasan Ishadi Zayid S.H dan diikuti oleh kurang lebih 100 peserta yang terdiri dari tokoh masyarakat, guru, pelajar, Babinkamtibmas, Babinsa dan elemen masyarakat yang lain.

Dalam acara tersebut disampaikan bahwa saat ini sudah muncul persoalan-persoalan kebangsaan antara lain terorisme, faham radikalisme, penyelahgunaan narkotika, korupsi, klitih dan yang lainnya. Permasalahan-permasalahan tersebut muncul karena nilai-nilai Pancasila tidak difahami dan dihayati dalam kehidupan sehari-hari sebagai bangsa Indonesia. Bukan tidak mungkin kalau sumber utama dari permasalahan tersebut tidak segera diantisipasi maka ancaman disintegrasi bangsa dan dekadensi moral bangsa Indonesia akan tergerus dan pada akhirnya akan mengahancurkan seluruh sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menyadari akan ancaman tersebut maka Pemerintah Kecamatan Kalasan bekerjasama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik DIY melakukan Pembinaan Wawasan Kebangsaan dan Sinau Pancasila. Acara tersebut dimaksudkan untu meneguhkan kembali nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari Bangsa Indonesia dan mengingatkan kembali bahwa Republik Indonesia didirikan dan dibangun oleh seluruh elemen bangsa dari Sabang sampai Merauke.

Narasumber pada acara tersebut antara lain H Rendradi Suprihandoko,S.H. M.Hum, Ketua Komisi A DPRD DIY, DR Surono dari Pusat Studi Pancasila UGM serta Indra Darmawan,S.Sos,M.Sc Kabid Politik Dalam Negeri dan Ketahanan Nasional Bakesbangpol DIY.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*