Lomba Adhi Karya Pangan

Panewu Kalasan Siti Anggraeni Susila Prapti, SH, MM menghadiri Lomba Adhi Karya Pangan Nusantara Tingkat Kabupaten Sleman  di Padukuhan Temanggal 2 Kalurahan Purwomartani Kalasan Rabu, 16 Juni 2021. Dalam Sambutannya Panewu Kalasan menekankan untuk membuat berbagai inovasi dan kreasi masyarakat yang berhasil dalam penyelenggaraan ketahanan pangan perlu mendapat perhatian Pemerintah. Oleh karena itu, kepada masyarakat perseorangan, kelompok masyarakat, pelaku usaha pangan, aparatur pemerintah, dan pejabat pemerintah yang telah memberikan upaya dan menghasilkan prestasi karya yang luar biasa dalam mewujudkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan, dan ketahanan pangan di wilayah tempat tinggal.

KWT Putri Manggal Temanggal II  yang memfokuskan pada pemanfaatan pekarangan dan olahan hasil olahan pertanian  yaitu teknik budidaya tanaman hidroponik dan Budigamber atau Budi daya ikan dalam ember   dengan memanfaatkan pekarangan warga yang terbatas. Jenis tanaman hidroponik akan menghasilkan jenis tanaman yang bebas dari hama penyakit serta bebas dari bahan kimia. Menanam tanaman dengan sistem hidroponik merupakan suatu metode yang ramah lingkungan. Karena dalam pembudidayaannya tidak perlu menggunakan pestisida atau bahkan herbisida yang beracun.

Meskipun sistem hidroponik menggunakan air sebagai media tanamnya akan tetapi dalam prakteknya air yang diperlukan dalam bercocok tanam tidaklah sebanyak seperti budidaya  dengan cara konvensional.

Juri lomba adhi karya pangan nusantara terdiri dari beberapan instansi di Kabupaten Sleman antara lain Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, Dinas P3AP2KB dan Dinas PMK. Juri sangat kagum akan pemanfaatan dan inovasi Budigamber ( Budi Daya Ikan Dalam Ember )nya yang dibuat oleh KWT Puteri Manggal Temanggal II. Semoga kedepannya akan menjadi percontohan di tempat lain

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*