KSM “Purwo Berhati” patut berbangga karena menjadi salah satu tempat yang dikunjungi perwakilan aliansi internasional pada Selasa (7/8). Acara ini merupakan salah satu rangkaian agenda City Alliance Meeting yang diselenggarakan tanggal 1 s/d 7 Agustus 2018. Kegiatan “City Alliance Meeting” ini dihadiri perwakilan anggota City Alliance Kamboja, Laos, Myanmar, Indonesia, Filipina, dan Vietnam.

Pemkab Sleman telah bekerja sama dengan “Bremen Overseas Research And Development Association” (BORDA) Indonesia dalam meminimalkan kawasan kumuh serta memenuhi akses sanitasi layak di Sleman. Harapannya dengan terbentuknya aliansi internasional, penerapan sanitasi yang terintegrasi dalam perencanaan kota yang berkelanjutan, dapat segera terwujud di masing-masing kota yang menjadi anggota City Alliance.

Keberadaan KSM “Purwo Berhati” menjadi tempat edukasi masyarakat. Pada kesempatan ini peserta kunjungan mendapatkan penjelasan mengenai pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan sampah. Sampah dikelola dari sumber sampah rumah tangga kemudian dikumpulkan menjadi satu di TPS 3R. Kemudia proses selanjutnya adalah pemisahan sampah organik menjadi pupuk dengan metode fermentasi. Setelah itu barulah pada tahapan pemasaran. Sampah rumah tangga mempunyai nilai ekonomis apabila dikelola dengan baik.