Kemeriahan Pentas Dalang Cilik Kalasan

Kecamatan Kalasan kembali menggelar Pentas Dalang Cilik pada Sabtu (12/5) di Pendopo kecamatan Kalasan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Sleman ke 102. Dalam sambutannya Camat Kalasan Siti Anggraeni Susila Prapti SH,MM menyampaikan bahwa pentas dalang cilik ini diadakan untuk mengenalkan kembali budaya dan kesenian adiluhung wayang kulit di kalangan anak-anak.

Bahwa dalam pagelaran wayang kulit bukan hanya tontonan semata-mata tetapi didalamnya juga terkandung tuntunan tentang nilai-nilai kebaikan yang dapat diambil dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum dilaksanakan pentas terlebih dahulu dilakukan penyerahan tokoh wayang Gatotkoco dari Camat Kalasan kepada Ki Dalang Cilik Panggah Nawa Wibadsuh dan cahya Pradibta.

Dalam pentas dalang cilik kali ini tampil sebanyak 2 (dua) dalang cilik yaitu Ki Dalang Panggah Nawa Wibadsuh yang berasal dari SD N Karang Nongko dan Ki dalang Cilik Cahya Pradibta yang berasal dari SD N Bogem I. Selain dalang cilik sebagian para pengrawit dan waranggana juga berasal dari anak-anak usia sekolah dasar, diharapkan dengan festival dalang cilik ini mampu menngugah/membangkitkan minat para pelajar dan generasi muda untuk lebih mencintai budayanya sendiri daripada budaya asing.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


日本語が含まれない投稿は無視されますのでご注意ください。(スパム対策)