Kecamatan Kalasan mengadakan Forum Discussion Grup Forum Kelompok Tani Kalasan pada Kamis (2/8) di RR Kecamatan Kalasan Lantai 2. Acara yang dihadiri oleh gapoktan serta PPL desa ini bertujuan untuk sebagai sarana diskusi dengan gapoktan yang ada di wilayah Kalasan. Narasumber yang hadir dalam acara ini adalah Dibyo Warasto dari Dinas Pertanian,Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, Janu Riyanto dari Gapoktan Tirtomartani dan Budiyanta dari UPT BP4 wilayah VIII Prambanan Kalasan.

Dibyo mengungkapan bahwa hendaknya diharapakan setiap desa memiliki lumbung serta pos penyuluhan desa. Desa juga dipandang perlu menyiapkan ruang khusus untuk kelompok tani dapat berkumpul. Gapoktan  Kecamatan Kalasan juga siap untuk membuat pasar yang tujuannya ialah menampung hasil pertanian yang akan dijual. Dalam kesempatan kali ini juga berhasil dibentuk Forum Usaha Desa yang diharapkan menjadi motor pengerak percepatan pembangunan desa.

Adapun sebagai ketua forum ini terpilih Janu Riyanto dari Gapoktan Desa Tirtomartani. Semoga dengan terbentuknya Forum Usaha Tani ini bisa meningkatkan hubungan kemitraan antar petani dan stakeholder serta agar Gapoktan lebih luas dalam berkembang sehingga unit usahanya tidak hanya terbatas pada kemitraan saprodi saja. Gapoktan Kecamatan Kalasan diharapkan baik dari pengurus maupun anggotanya lebih aktif lagi dalam usaha pengembangan Gapoktan serta meningkatkan kualitas SDM pengurus maupun anggotanya agar Gapoktan  semakin berkembang dan menjadi organisasi petani.