Kalasan Gelar Gladi Lapang Bencana Gempa Bumi

BPBD Kab.Sleman bekerjasama dengan Kecamatan Kalasan menggelar Gladi Lapang Penanganan Darurat Bencana Gempa Bumi  di gedung Kecamatan Kalasan, Selasa (23/04). Gladi lapang yang di laksanakan di Kantor Kecamatan Kalasan ini mempunyai tujuan yaitu untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan warga masyarakat terkait bencana gempa bumi dan menjadi momen yang strategis bagi masyarakat di Kabupaten Sleman.

Kita bisa berkaca saat kejadian gempa bumi di Yogyakarta beberapa tahun yang lalu yang menimbulkan kerugian dan menimbulkan korban jiwa, karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang langkah – langkah yang harus di lakukan jika terjadi bencana. Masyarakat harus di latih dan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menghadapi bencana serta kesiapsiagaan harus menjadi manfaat dalam mengantisipasi dan meminimalisir jatuhnya korban jiwa.

Kondisi alam di wilayah kabupaten Sleman harus di kelola dengan baik dan bijaksana, termasuk dalam mensikapi terjadinya bencana.cara pandang masyarakat dalam menghadapi bencana harus di ubah dari yang semula Responsif menjadi preventif yaitu pengelolaan resiko bencana, hal ini sesuai dengan semangat yang menjiwai UU Penanggulangan Bencana no 24 Tahun 2007.  Dalam kegiatan ini dihadiri dari unsur BPBD, Dinas Kebakaran,Muspika dan unsur Linmas se Kecamatan Kalasan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


日本語が含まれない投稿は無視されますのでご注意ください。(スパム対策)