Ibu-Ibu Kalasan Antusias Ikuti Pelatihan Rajut

Sedikitnya 20 ibu-ibu rumah tangga di Kecamatan Kalasan, mengikuti pelatihan ekonomi produktif berupa pembuatan tas berbahan dasar benang rajut di RR Kecamatan Lantai 2. Acara yang dilaksanakan tanggal 24-28 Juni 2018 ini bekerjasama dengan Dinas Perindakop Kabupaten Sleman. Adapun narasumber dalam cara ini menghadirkan dari Gendis Bag. Menurut Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perindakop Sleman,Slamet Riyadi kegiatan ini merupakan bentuk implementasi dari program peningkatan ekonomi produktif yang merupakan salah satu program pengentasan kemiskinan dan juga sebagai upaya untuk mengatasi masalah pengangguran.

Selain itu kegiatan ini juga sebagai bentuk implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG) di bidang ekonomi serta peningkatan kualitas hidup perempuan dan pemberdayaan ibu-ibu rumah tangga atau kelompok-kelompok perempuan di desa sekaligus sebagai wujud perhatian dan kepedulian Pemkab Sleman kepada ibu-ibu rumah tangga yang tergabung di dalam kelompok perempuan. Untuk itu pihaknya merasa perlu memberikan fasilitasi berupa program atau kegiatan serta alokasi dana untuk mendukung pelatihan keterampilan tersebut.

Dalam kesempatan itu Camat Kalasan Siti Anggraeni juga berharap, melalui kegiatan ini, bisa meningkatkan keterampilan dan membuka lapangan kerja bagi ibu-ibu rumah tangga sehingga bisa tercipta peluang usaha mandiri yang bergerak di sektor industri rumah tangga atau home industry, termasuk ikut meningkatnya daya kreativitas dalam berkarya serta inovasi ibu-ibu rumah tangga dalam berekspresi yang selanjutnya bisa menemukan hasil karya yang bermanfaat dan tepat guna. Pihaknya juga berharap, melalui kegiatan ini, mereka bisa menciptakan wirausaha dalam pembuatan tas dari benang rajutyang berujung pada meningkatnya ekonomi dan kesejahteraan keluarga.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


日本語が含まれない投稿は無視されますのでご注意ください。(スパム対策)