Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

GERMAS dapat dilakukan dengan cara: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban. Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin. 

Kegiatan GERMAS di kecamatan kalasan dipusatkan di balai desa tirtomartani jumat 26 Juli 2019, diisi berbagai macam kegiatan diantara lain senam massal, lomba cuci tangan tkt pelajar dan umum, lomba senam sembada serta lomba penyuluhan.  Diakhir acara diadakan deklarasi STBM, acara ini dihadiri oleh camat kalasan, muspika, kepala desa se kecamatan kalasan dan tamu undangan.