Forum Petani Kalasan Gelar Sayembara

Selokan Mataram merupakan selain mempunyai fungsi untuk mengairi area persawahan juga memiliki nilai sejarah untuk Yogyakarta. selokan mataram mempunyai panjang saluran 15,8 Km yang menghubungkan sungai progo dan sungai opak untuk kepentingan kesejahteraan petani. Selokan mataram untuk wilayah Kalasan mengaliri area pertanian 241 Ha.

Saat ini Selokan Mataram menjadi area pembuangan sampah liar, Sudah setiap kali dibersihakan oleh petugas masih saja ada orang-orang tidak bertanggungjawab yang menjadikan Selokan Mataram menjadi tempat pembuangan sampah. Akibatnya menimbulkan tumpukan sampah dan bau yang tidak sedap.

Forum Petani Kalasan yang resah dengan orang-orang yang membuang sampah di Selokan Mataram, juga memasang spanduk bertuliskan “Petani tidak rela selokan mataram dibuangi sampah dan jika tertangkap akan diadili massa” . dan  siapapun yang bisa menangkap basah pembuang sampah liar akan diberi imbalan sebesar 500 ribu rupiah.

Nantinya pelaku pembuang sampah tersebut akan dibawa ke Polsek untuk mempertanggungjawabkan perbuatanya. “Tidak boleh disakiti lalu biar yang menjemput pelaku pembuang sampah adalah pak RT RW dukuh dan pak lurah (di tempat tinggal pelaku) keempatnya harus ada. Kurang dari satu tidak boleh membawa pulang pelaku. Namun demikian, untuk menangani permasalahan ini tidaklah cukup hanya dengan dibersihkan setiap hari dan pelaku ditangkap. Perlu kesadaran dari masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. “Intinya sampah tidak akan berhasil dihilangkan jika warga sendiri tidak sadar, jika membuang sampah di Selokan Mataram itu tidak benar,”

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


日本語が含まれない投稿は無視されますのでご注意ください。(スパム対策)