Forum Komunikasi (Forkom) Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kecamatan Kalasan mengadakan pertemuan rutin tiga bulanan, Selasa 23 September 2019. Pertemuan ini mendatangkan narasumber dari Tokopedia dan Rumah Kreatif Sleman. Forkom UMKM merupakan wadah untuk menjembatani UMKM Kalasan dengan kebijakan pemerintah. Pembentukan forum komunikasi itu dinilai sangat penting, sebab UMKM sebagai penyangga pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sleman.

Sejauh ini, forkom UMKM Kalasan telah memiliki peran penting  dalam membina anggotanya. Dari yang semula biasa-biasa saja dalam menjalankan bisnisnya, kini sudah semakin berdaya. Pendampingan terus dilakukan –baik melalui pemerintah Kecamatan atau pun mandiri– di antaranya, melalui seminar, diskusi, juga pelatihan tentang manajemen, mengurus izin, standar kelayakan produk, cara pengemasan produk, hingga tips umkm menghadapi pasar bebas. Forkom juga memberikan pendampingan kepada umkm, untuk mengakses modal produksi, serta pemasaran.

Agar arus informasi bisa berjalan lancar, sejak berdiri Forkom Kalasan rutin mengadakan pertemuan di setiap tiga bulan. Upaya pengembangan itu diisi dengan diskusi. Masalah yang diangkat adalah persoalan yang dihadapi UMKM hingga solusinya. Juga, arisan, info pameran, atau pasar yang memungkinkan dilirik umkm. Karena itu, pertemuan rutin menjadi ajang sharing yang menarik dan pembelajaran bersama. Tak jarang pertemuan rutin itu juga dijadikan momentum tepat untuk menginformasikan kebijakan-kebijakan Pemerintah Kabupaten Sleman.