Sebagai upaya untuk mendorong masyarakat menumbuhkan dan meningkatkan kepedulian terhadap kebersihan dan keteduhan atau Ruang Terbuka Hijau (RTH) di wilayah Kabupaten Sleman, Dinas Lingkungan Hidup mengadakan Lomba Kebersihan dan Keteduhan (Green & Clean) yang diikuti oleh 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Sleman.  Evaluasi lapangan oleh Tim Lomba Kebersihan dan Keteduhan di Kecamatan Kalasan dilaksanakan pada Senin (24/6). Dalam kesempatan kali ini Kecamatan Kalasan di wakili oleh Padukuhan Sindon Desa Selomartani. Lomba yang diadakan rutin tiap tahun ini mendukung  program Pemerintah Kabupaten Sleman untuk meningkatkan kinerja pengelolaan kebersihan dan keteduhan kota.

Dalam sambutannya Camat Kalasan Siti Anggraeni SP menjelaskan untuk menjaga agar lingkungan bebas dari sampah peran penting pemerintah maupun masyarakat sangat diperlukan. Tempat-tempat pembuangan sampah yang telah disediakan sering tidak dimanfaatkan secara optimal dikarenakan kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya masih rendah. Membuang sampah di sungai, pinggir jalan dan area publik yang seharusnya bebas sampah seperti sudah menjadi kebanyakan masyarakat yang tidak peduli akan kebersihan.

Adapun indikator penilaianlomba kebersihan dan  keteduhan ini yaitu persampahan, penghijauan dan pemanfaatan pekarangan/ruang publik, partisipasi warga, sanitasi dan upaya konservasi sumberdaya air.
Di setiap kesempatan penilaian, seperti biasanya sambutan lurah, tinjau lokasi, pesan dan saran juga pelepasan tim juri oleh camat setempat adalah hal yang wajib di tiap lokasi yg dinilai, unsur polisi dan TNI dan tentunya partisipasi masyarakat dilibatkan di dalam lomba tersebut.