Bimtek Kelembagaan Desa Kecamatan Kalasan 2018

Bertempat di Aula Kecamatan Kalasan Lantai 2 pada Selasa (10/04) dilaksanakan Bimtek Kelembagaan Desa. Acara ini dihadiri oleh elemen/lembaga desa yakni LPMD, Karang Taruna,PKK dan RT/RW.

Lembaga Kemasyarakatan Desa yang diakronimkan sebagai LKD, merupakan salah satu elemen penting dalam tatanan organisasi Desa. Keberadaannya merepresentasikan kebutuhan masyarakat dalam lingkup desa. Beberapa di antaranya adalah LPMD,  BKM, PKK, RT, Karang Taruna dan Dewan Budaya. Kebutuhan masyarakat akan LKD urgen karena dari LKD inilah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Pada era digital ini, peran LKD sangat penting dalam membentengi, menyaring dan menerima berbagai macam informasi yang masuk dan keluar dari masyarakat. Masifnya media sosial dan semakin canggihnya teknologi informasi membuat perputaran informasi sangat cepat. Baru satu detik posting berita atau gambar, 3 detik kemudian sudah bisa dilihat dari Antartika. Sisi positifnya adalah cepatnya penyaluran informasi agar segera ditindaklanjuti. Karena bagaimanapun juga, setiap orang memiliki kepentingan dan kondisinya masing-masing. Isu sensitif lainnya adalah keterbukaan pengelolaan anggaran dalam pemerintahan. Sesuai dengan Undang-Undang, Desa beroperasi berdasarkan UU, PP atau Perbup yang berlaku, sehingga tidak bisa secara langsung bergerak meskipun urgen. Untuk hal-hal yang bersifat spontan, tentu ada tindakan-tindakan yang bisa dilakukan berdasarkan kewenangannya dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Pada akhir acara, ditutup dengan silaturahmi dengan pengurus RT/RW. Berdasarkan usulan sebelumnya, pada kesempatan ini masing-masing pengurus RT mendapatkan buku administrasi dan pencatatan serta dana operasional RT agar RT sebagai elemen yang langsung berhadapan dengan masyarakat bisa lebih optimal dalam membantu kerja Pamong Dukuh di wilayahnya masing-masing.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


日本語が含まれない投稿は無視されますのでご注意ください。(スパム対策)