Dengan memperhatikan kondisi saat ini dan tantangan pembangunan daerah yang akan dihadapi, maka visi Kecamatan Kalasan adalah :

TERWUJUDNYA KECAMATAN SEBAGAI PENDUKUNG UTAMA PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DAERAH”

Visi Kecamatan Kalasan tersebut mengandung makna filosofis bahwa ujung tombak penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat berada di tingkat kecamatan. Posisi ini, mengindikasikan bahwa kecamatan memiliki peran yang sangat strategis, sehingga apapun yang menjadi performance kecamatan merupakan performance Kabupaten. Untuk itu penting dipedomani bahwa tata kelola pemerintahan dan pelayanan kecamatan yang baik akan menciptakan birokrasi yang profesional, bersih, dan berwibawa yang mampu membawa masyarakat untuk lebih sejahtera. Pada sisi lain tata pemerintahan dan pelayanan kecamatan yang baik akan mendorong tumbuhnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan, meningkatnya trust, tegaknya supremasi hukum, transparansi dalam penyelenggaraan pemerintahan, efektif dan efisien.

Untuk menciptakan tata pemerintahan kecamatan yang baik memerlukan sinergitas antar pilar kepemerintahan yaitu pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat untuk bersama membangun masyarakat menuju lebih baik dan sejahtera.Kerjasama antar ketiga pilar tersebut merupakan bentuk kebersamaan yang dapat saling melengkapi untuk menghindari over dominasi dari masing-masing pilar.  Menghadapi dinamika dan perkembangan disegala aspek saat ini, pemerintah tidak akan mampu sendirian menghadapinya sehingga harus ada pelibatan secara aktif dari sektor swasta dan masyarakat untuk berjalan seiring menciptakan tatanan yang lebih baik menuju pada peningkatan kesejahteraan masyarakat secara luas.

Dalam penciptaan tata pemerintahan yang baik setidaknya harus dibangun sistem tata kelola pemerintahan yang transparan dengan membuka informasi secara obyektif pada masyarakat  sehingga akan mendorong tumbuhnya partisipasi aktif masyarakat dari semua lapisan dengan mengedepankan kesetaraan gender, dan dapat dipertanguungjawabkan pada semua pemangku kepentingan.

Masyarakat sejahtera merupakan kondisi masyarakat yang tercukupi kebutuhan dasarnya, kecukupan kebutuhan dasar tersebut berupa kecukupan dan mutu sandang, pangan, papan, kesehatan, pendidikan, lapangan pekerjaan dan kebutuhan dasar lainnya.  Kecukupan kebutuhan dasar tersebut akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalasan baik lahir maupun batin.  Kondisi masyarakat yang diharapkan adalah masyarakat yang damai, tenteram, dan tercukupi kebutuhannya lahir dan batin.

Suksesnya penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan di kecamatan merupakan kunci utama keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan di tingkat Kabupaten. Untuk itu mulai dari aspek anggaran, sumberdaya manusia, sarana prasarana, sistem dan prosedur serta hal-hal lain yang berpengaruh dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan di kecamatan harus disikapi sebagai hal yang penting dan strategis oleh semua pihak. Hal ini diperlukan perubahan mindset oleh pemegang kebijakan, eksekutor kebijakan, maupun pelaksana kebijakan di tingkat kecamatan. Visi ini akan dijabarkan dalam beberapa misi sebagai penjabaran implementatif dari revisi visi yang telah ditetapkan.Visi dan misi selanjutnya menjadi pedoman dalam pelaksanaan program dan kegiatan Kecamatan Kalasan mulai tahun 2014 – 2015.

                   Misi

Misi Kecamatan Kalasan berdasarkan perubahan visi juga mengalami perubahan menjadi sebagai berikut:                  

1.     Memantapkan pengelolaan pembangunan daerah di Kecamatan.

2.     Meningkatkan pelayanan masyarakat.

MISI KESATU:

“Memantapkan pengelolaan pembangunan daerah di Kecamatan”

Misi ini merupakan salah satu upaya strategis yang dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Kalasan untuk meningkatkan optimalisasi anggaran negara baik APBN/APBD. Pada sisi lain dimaksudkan sebagai upaya untuk mengoptimalisasikan manfaat serta akselerasi pembangunan di tingkat kecamatan. Lebih jauh dengan misi ini juga diharapkan akan meningkatkan peran dan sinergi sumberdaya manusia dan sumberdaya lain dari berbagai instansi/komponen masyarakat.Aspek implikatif yang diharapkan dari misi ini, adalah meningkatnya desentralisasi peran pada berbagai kegiatan pembangunan baik fisik maupun nonfisik selama berorientasi pada meningkatnya efisiensi, efektivitas, akuntabilitas serta manfaat bagi masyarakat. Hal ini penting mengingat dalam banyak hal fungsi dan peran kecamatan sering diposisikan hanya pada fungsi fasilitasi, pembinaan, pemantauan dan berbagai posisi lain yang tidak substantif.

MISI KEDUA

“Meningkatkan pelayanan masyarakat”

Misi ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Kalasan untuk memberikan pelayanan terbaik/prima kepada masyarakat.Pemberian pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat akan dapat memberikan kepuasan pada masyarakat dengan pemenuhan kebutuhan akan pelayanan yang diinginkan.

Pelayanan diberikan dengan mengedepankan pelayanan yang lebih cepat, lebih care, lebih murah, dan lebih transparan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta lebih berorientasi pada customer satisfaction. Hal ini bagi masyarakat menjadi lebih dimudahkan dalam segala urusan terutama yang berkaitan dengan pemerintah, yang selama ini sering diposisikan sebagai instansi yang memberi pelayanan lamban, kurang ramah, dan citra negatif yang lain. Pelayanan yang diorientasikan sesuai misi tersebut akan meningkatkan citra pemerintah, trust dan meningkatkan derajat legitimasi pemerintah di mata masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

日本語が含まれない投稿は無視されますのでご注意ください。(スパム対策)