Guna menunjang kelancaran tertib adminisrasi perlu dilaksanakan pengelolaan arsip secara baik. Tertib administrasi pada era sekarang merupakan suatu kebutuhan demi kelancaran pelayanan kepada masyarakat. Desa merupakan unit kerja yang paling dekat dengan masyarakat, sehingga tertib administrasi menjadi salah satu yang penting untuk diperhatikan. Pengelolaan arsip yang  dilakukan dan dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan aturan  yang ada akan menghadirkan manfaat yang  besar bagi kehidupan organisasi, pemerintah, dan masyarakat. Ketersediaan arsip secara utuh, otentik, dan terpercaya.

Kenyataan di lapangan, arsip di unit kearsipan umumnya masih belum dikelola secara optimal. Padahal unit arsip adalah awal dimana terciptanya arsip dan tempat dimana pengelolaan arsip dinamis dilakukan. Ada beberapa faktor penyebab mengapa penyelenggaraan kearsipan tidak berjalan sesuai dengan keinginan, diantaranya yaitu keterbatasan sumber daya manusia (arsiparis), kurangnya kepedulian terhadap pentingnya arsip, sarana dan prasarana yang kurang memadai, lemahnya alokasi anggaran untuk pengelolaan arsip, selain itu pemimpin organisasi dan penyelenggara pemerintahan belum menempatkan bidang kearsipan seimbang dengan nilai pentinganya arsip yang sebenarnya, bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Oleh karena itulah Kecamatan Kalasan bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sleman menyelenggarakan kegiatan Pelatihan dan Pembinaan SKPB di seluruh desa di wilayah Kecamatan Kalasan. Acara ini berlangsung dari tanggal 23 s/d 26 Mei 2017 yang terbagi menjadi empat gelombang. Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Desa serta perangkat desa se Kecamatan Kalasan. Dengan narasumber Ibu Dra Pinardiyanti dan Ibu Atun Siwi A,A.Md dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab.Sleman, acara ini bertujuan agar desa bisa melakukan kearsipan sesuai dengan Sistem Kearsipan Pola Baru sesuai dengan Perda Sleman Nomor 7 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Kearsipan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

日本語が含まれない投稿は無視されますのでご注意ください。(スパム対策)